8 Jenis Novel Berdasarkan Genre Cerita dan Tokoh

Bosen dengan aktivitas membaca jenis novel yang itu-itu saja? Cobalah untuk mencoba genre cerita atau isi tokoh yang berbeda agar mendapatkan pengalaman baru dan menyenangkan. Berdasarkan kisahnya, novel terbagi menjadi fiksi dan non fiksi.

Dalam penggambaran dan pengkisahannya, jenis novel berdasarkan genre yang beragam membuat daya tarik bagi pecinta buku. Beberapa penulis kondang mendapat antusias besar bagi pecinta novel tanah air.

Novel merupakan suatu karya tulis sastra berbentuk prosa naratif dengan rangkaian kata dan kalimat yang panjang. Memiliki sejumlah tokoh dengan karakter yang dapat membangun cerita lebih hidup. Dikemas dengan bahasa yang seru dan khas, memberikan kesan dan pesan tersendiri kepada para pembacanya.

Di kalangan masyarakat, karya sastra tersebut sangat populer dan selalu dicetak dalam jumlah besar karena memiliki penggemar dari berbagai komunitas yang sangat luas. Alasan masyarakat menyukai buku novel tidak lepas dari jenisnya yang juga cukup banyak dan ceritanya yang menarik.

8 Jenis Novel yang Wajib Kita Ketahui

Berikut ini 8 jenis novel yang wajib diketahui

Romantis

Kisah romantis yang diangkat ke dalam karya sastra sangat laris. Ciri khasnya adalah menceritakan hubungan percintaan yang seringkali related alias sesuai dengan kehidupan saat ini. Kisah cinta sederhana dimulai dari prosesi perkenalan, dilanjutkan dengan drama-drama pendekatan, dan diakhiri dengan 2 kemungkinan, yaitu bersatu ataupun patah hati. Kisah populer genre romantis adalah Dilan 1990 dan Antologi Rasa.

Misteri

Genre satu ini lebih condong kepada alur cerita yang penuh dengan tanda tanya. Alur dan kisahnya susah ditebak. Bahkan di akhir cerita seringkali pembaca dibuat bertanya-tanya. Genre misteri umumnya menceritakan tentang penculikan dan pembunuhan. Pengejaran terhadap tokoh antagonis oleh seorang maupun sekelompok detektif. Kisah paling populer adalah Detektif Conan.

Horor

Hampir serupa dengan genre cerita misteri, kisah horror pada sebuah novel diangkat dari cerita fiksi maupun kenyataan terkait mitos atau hal supranatural populer di masyarakat, sehingga memiliki karakter hantu yang khas, unik, dan fenomenal. Sebuah film yang diangkat dari karya tulis adalah sekuel Danur yang baru saja merilis film “Ivanna”.

Komedi

Genre komedi berkaitan dengan kelucuan atau tingkat humor yang dikemas sedemikian rupa dalam bentuk karya sastra dan gaya bahasa agar pembaca merasa terhibur dan tertawa. Karakter tokoh dan kisah dibuat tidak terduga, memunculkan puncak komedi dalam sebuah tulisan buku. Kisah lucu populer dan laris manis diantaranya adalah “Si Juki” dan “Senggol Kiri Senggol Kiri”.

Petualangan atau RPG

Dengan genre petualangan, jenis novel ini memiliki target pembaca yang sangat luas. Petualangan dapat berisikan kisah untuk segmen pembaca anak-anak dan remaja. Namun dengan cerita yang lebih kompleks, target pembaca bisa mencapai usia dewasa. Sangat banyak novel RPG seperti Harry Potter dan Lima Sekawan the Series yang diangkat menjadi film layar lebar.

Sains Fiksi

jenis novel

Genre sains fiksi juga disebut fiksi ilmiah. Kisahnya seringkali mengusung setting waktu dan tempat yang membawa pembaca seolah-olah berada di masa depan dan serba canggih. Manusia telah mencapai intelegensi tinggi dan menghadapi situasi sulit dari makhluk luar angkasa, penyakit, dan perang. Tentu sudah tidak asing lagi dengan kisah Star Wars atau Avengers bukan?

Inspiratif

Genre kisah inspiratif pada umumnya berisikan cerita perjalanan hidup seseorang yang dipandang penting dan berpengaruh dalam suatu zaman maupun kondisi. Cerita diadaptasi dari biografi seorang tokoh yang dapat memberi teladan, semangat, motivasi, maupun makna hidup kepada pembaca.

Fantasi

jenis novel

Gener novel fantasi berisikan cerita yang penuh dengan imajinasi dan terkesan tidak masuk akal atau bertolak belakang dari kehidupan nyata. Seperti manusia berkekuatan super, hewan berbicara ataupun jenius, mesin waktu, senjata terkuat di bumi, dan hal lain yang di luar nalar. Kisahnya sangat menarik untuk dibaca, seperti “Stephen King” atau “Lord Rings”.

Demikian penjelasan 8 jenis novel berdasarkan genre cerita yang dapat menjadi pilihan variasi agar tidak bosan membaca kisah yang itu-itu saja. Banyak pilihan yang bisa memberikan sensasi dan pengalaman menarik sekaligus baru.

About the author: admincaribaca

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.