Ketahui 5 Aktivitas Seru di Desa Penglipuran Bali, Desa Terbersih di Dunia

desa penglipuran

Semenjak digunakan menjadi tempat shooting FTV (film televisi), Desa Wisata Penglipuran kini sering menjadi salah satu tujuan wisatawan domestik. Desa ini terletak di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut membuat udara di desa ini masih terasa sejuk.

Apalagi, semenjak dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia, Desa Penglipuran hingga kini menjadi sangat populer di kalangan para wisatawan. Selain itu, desa ini juga masih mempertahankan konsep Tri Hita Karana, di mana masyarakatnya masih berpegang pada konsep keharmonisan antara Tuhan, manusia, dan juga Alam.

 

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Desa Penglipuran

Berikut adalah lima aktivitas seru yang dapat Anda lakukan jika berkunjung ke Desa Penglipuran.

Belajar Budaya dan Mengunjungi Pura

Di kawasan desa wisata ini terdapat tiga pura yaitu Pura Puseh, Pura Dalem, dan juga Pira Penataran. Di desa wisata ini, Anda dapat menyaksikan acara adat seperti rutinitas sembahyang, Perayaan Galungan, dan juga Ritual Ngusaba. Karena adat istiadat di desa ini masih sangat dijunjung, bagi Anda yang ingin berkunjung ini harus tetap menghormati adat istiadatnya ya!

Belajar dan Belanja Kerajinan Tangan

Salah satu hal yang menjadi daya tarik para wisatawan saat berkunjung ke Desa Penglipuran ini adalah Anda akan menemui para perajin aksesoris dan pernak-pernik langsung di depan rumahnya. Jika berminat, Anda juga dapat membelinya, bahkan bisa belajar membuat pernak-perniknya bersama perajinnya langsung lho!

Menginap di Rumah Penduduk Lokal

Jika Anda ingin menginap dan merasakan berbaur secara langsung dengan masyarakat lokal, Anda dapat menginap di rumah penduduk, lho. Masyarakat di Desa Penglipuran ini tentunya juga akan dengan senang hati menerima Anda di rumah mereka. Tentunya hal ini sangat seru dan akan menambah pengalaman baru Anda.

Mencicipi Kuliner Lokal

Jika Anda berkunjung ke Desa Penglipuran, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner lokal menggugah selera yang khas di desa ini yaitu tipat cantok dan juga loloh cemcem. Tipat cantok merupakan makanan berbahan sayuran rebus dicampur dengan ketupat dan disiram bumbu kacang. Sedangkan loloh cemcem adalah minuman berwarna hijau terbuat dari rempah-rempah.

Berburu Spot Foto

Selain jalanan desa yang bersih, salah satu spot foto yang harus Anda kunjungi jika berada di Desa Penglipuran ini adalah Hutan Bambu. Memiliki luas 45 hektar dan terletak di belakang desa, Anda dapat berkeliling menyusuri hutan bambu ini menggunakan sepeda.

Demikian informasi mengenai lima aktivitas seru yang dapat Anda lakukan jika berkunjung ke Desa Penglipuran.

Jika Anda ingin pergi dari Kota Surabaya,  Anda dapat beli tiket pesawat Surabaya Bali dengan penerbangan domestik dan bisa cari tiket pesawat di Pegipegi dengan mendownload aplikasinya di handphone Anda.

Untuk traveling berkeliling Bali, Anda juga bisa menggunakan jasa travel dan shuttle bus dari Pegipegi! Selamat liburan ke Bali.

 

Sumber:

https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/cari-kegiatan-seru-diindonesiaaja-cobain-5-aktivitas-di-desa-wisata-penglipuran-bali-ini

About the author: admincaribaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.