Ini Dia 5 Tips Solo Traveling Anti Ribet yang Bisa Anda Tiru

Traveling menjadi salah satu kegiatan untuk refreshing, sehingga Anda pasti menginginkan peerjalanan yang nyaman dan tidak ribet. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips solo traveling anti ribet yang mudah Anda tiru.

Contents

5 Tips Solo Traveling Anti Ribet

Mungkin sebagian orang lebih suka melakukan traveling bersama teman, pasangan, atau keluarga. Namun, banyak juga yang lebih menyukai solo traveling karena ingin me time lebih banyak untuk mengenal diri sendiri.

Bagi Anda yang pemula melakukan solo traveling, mungkin akan terdengar ribet karena harus membawa kebutuhan secara mandiri. Oleh karena itu, berikut ini kami akan memberikan tips solo traveling anti ribet yang bisa Anda contoh.

Siapkan Rencana Perjalanan dengan Baik Sebelumnya

Meskipun Anda melakukan traveling secara solo, Anda juga harus mempersiapkan perjalanan lebih dulu agar tidak buang-buang waktu. Contohnya saja dengan menyusun destinasi wisata yang akan dikunjungi sebelumnya terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar Anda tidak bingung ingin pergi ke arah yang mana. Karena terlihat bingung di jalan membuat Anda menaikkan risiko terjadinya tindakan kriminal.

Pastikan Terlebih Dulu Keamanan Akomodasi

Selanjutnya adalah memastikan keamanan akomodasi yang Anda punya selama traveling. Oleh karena itu penting sekali untuk memilih tempat penginapan yang aman dan nyaman serta memiliki review yang baik juga. Hal ini karena ketika Anda melakukan liburan sendiri tentu harus memiliki keamanan ekstra.

Penting Untuk Selalu Mengecek Ulang Dokumen

Tidak hanya ketika Anda melakukan perjalanan di luar negeri, hal ini juga berlaku untuk perjalanan di dalam negeri. Maka dari itu, pastikan bahwa semua dokumen penting yang dibawa seperti KTP, paspor, tiker perjalanan, atau kartu kamar penginapan dalam keadaan aman degan mengeceknya secara berkala. Sehingga Anda terhindar dari risiko teledor.

Cek Terlebih Dulu Akses Transportasinya

Tips solo traveling anti ribet selanjutnya adalah dengan mencari tahu terlebih dulu akses transportasi di daerah yang Anda kunjungi. Misalnya saja jika Anda hendak menggunakan transportasi umum seperti bus atau MRT, Anda wajin tahu jadwal keberangkatan transportasi tersebut setiap harinya. Selain itu, Anda juga harus mengecek batas jam operasionalnya apabila ada. Catat info-info tersebut di buku catatan kecil atau note ponsel agar tidak ada yang terlewat.

Wajib Membawa Obat-Obatan Pribadi

Selanjutnya untuk mengantisipasi mengenai masalah kesehatan selama dalam perjalanan, Anda perlu menyiapkan berbagai macam obat pribadi yang biasa digunakan selengkap mungkin. Anda bisa memulainya dari vitamin, obat pusing, obat alergi, krim pereda nyeri, hingga paracetamol.

Usahakan Membawa Uang Cash

Sangat disarankan untuk membawa uang cash untuk berjaga-jaga selama di perjalanan. Hal ini diperlukan untuk pembayaran hal-hal kecil yang tidak bisa dilakukan dengan ATM maupun kartu kredit. Contohnya saja untuk membayar biaya parkir umum di jalan atau biaya menggunakan kamar mandi. Selain itu, digunakan juga apabila Anda ingin melakukan pembayaran dengan nominal kecil seperti jajan di pasar tradisional.

Siapkan Nomor Darurat

Nomor darurat ini sangat penting apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Anda selama dalam perjalanan. Contohnya saja seperti kecelakaan, terjadinya tindakan kriminal, dan lain-lain. 

Nomor yang sangat perlu Anda persiapkan setidaknya ada 4, yaitu nomor orang tua atau keluarga, call center darurat yang ada di kota atau negara tujuan wisata, nomor kerabat dekat, hingga nomor Kedutaan Besar Republik Indonesia jika perlu.

Dari 5 tips solo traveling anti ribet di atas semoga bisa menjadi acuan Anda untuk mempersiapkan perjalanan ya. Semoga rencana liburan dan me time Anda berjalan dengan lancar!

Sumber:

https://travel.okezone.com/read/2022/03/03/406/2555871/catat-ini-10-tips-solo-traveling-anti-ribet-bagi-pemula

https://www.celebrities.id/read/10-tips-solo-traveling-anti-ribet-bagi-pemula-bisa-dicoba-saat-liburan-198Nfv

https://www.orami.co.id/magazine/tips-solo-traveling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *