Tips Memilih Jenis Jendela untuk Rumah Anda

Jendela merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan sebuah bangunan, khususnya bangunan rumah, sebab fungsi jendela sangat krusial untuk memberikan kenyamanan kepada penghuni rumah. Fungsi utama jendela sebagai jalur keluar masuk cahaya maupun udara membuatnya sangat penting dalam sebuah bangunan.

Namun lebih dari itu jendela juga bisa berfungsi sebagai dekorasi rumah yang bisa membuat hunian terlihat lebih cantik. Dengan pemilihan model jendela yang tepat tidak hanya akan membuat sirkulasi udara dan cahaya berjalan sesuai fungsinya, tapi juga sebagai dekorasi yang membuat hunian bertambah cantik.

Contents

Tips Memilih Jenis Jendela untuk Rumah Anda

Tips Memilih Jenis Jendela untuk Rumah Anda

Jenis jendela untuk bangunan bisa disesuaikan dengan di mana jendela itu akan dipasang, misalnya jenis jendela untuk kamar mandi dan kamar tidur tentunya akan berbeda. Dimana jendela kamar mandi biasanya adalah jenis jendela yang tidak akan dibuka tutup.

1. Sliding Window

Jika Anda mencari jenis jendela dengan model jendela rumah yang mudah dipasang, maka jenis sliding window bisa menjadi pilihan Anda. Selain proses pemasangannya yang tidak ribet, jenis jendela ini juga memiliki perawatan yang sangat mudah.

Sliding window juga sangat cocok dipasangkan pada model rumah minimalis, sebab jendela ini hanya perlu digeser secara vertikal atau horizontal untuk membuka maupun menutupnya.

2. Swing Window

Jika Anda ingin memiliki hunian yang terkena sinar matahari secara maksimal pada setiap ruangannya, maka memasang swing window sangat cocok untuk rumah Anda. Sebab model swing window yang seperti pintu akan membuat sinar matahari bebas masuk ke dalam rumah.

Swing window atau casement window ini dibuat dari bahan material kaca, sehingga lebih efektif digunakan. Selain itu harganya juga lebih murah daripada kayu. Selain pada rumah, swing window juga biasanya ditemukan pada jendela kantor.

3. Fix Window

Salah satu jenis jendela yang sering ditemui di rumah-rumah yang ada di Indonesia adalah jenis fix window. Dimana jendela yang biasanya full kaca ini memiliki daun jendela yang tidak bisa dibuka. Sehingga biasanya untuk menutup jendela ini diperlukan gorden untuk jendela minimalis.

Jenis fix window juga biasanya digunakan untuk kamar mandi, dimana jendela ini berfungsi untuk menangkap sinar matahari maupun udara tanpa mengeluarkannya lagi.

4. Stationary Window

Jika Anda ingin membangun rumah yang memiliki konsep minimalis maupun kontemporer, jenis jendela seperti stationary window adalah pilihan yang tepat untuk dipasang di rumah Anda. Modelnya yang tidak bisa dibuka tutup dan terletak di pojok ruangan akan menambah kesan elegan dan minimalis.

Selain itu proses perawatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu rajin membersihkannya dengan pembersih kaca jendela.

5. Awning Window

Salah satu jenis jendela lain yang sangat cocok digunakan pada konsep hunian minimalis adalah jenis awning window. Dimana jendela ini memiliki model seperti kanopi kaca ketika dibuka, sehingga saat hujan turun dapat melindungi ruangan dari terpaan air hujan.

Rangka pada jendela ini juga biasanya berupa kusen jendela aluminium minimalis, yang tentunya lebih tahan lama daripada kusen kayu.

Tips Memilih Jendela dengan Kriteria yang Tepat untuk Bangunan

Meski Anda telah memiliki ketertarikan terhadap jenis jendela, namun hal-hal berikut ini perlu Anda perhatikan sebelum memilih jendela untuk bangunan rumah Anda.

  1. Pilihlah jendela yang memiliki daya tahan tinggi, sehingga akan awet digunakan selama bertahun-tahun
  2. Pilihlah jendela yang memiliki bahan material anti karat
  3. Pilihlah jenis jendela yang sesuai dengan konsep hunian yang ingin Anda bangun
  4. Pilihlah kondisi jendela yang kokoh agar dapat menahan beban
  5. Pilihlah jendela yang memiliki proses perawatan mudah

UKUR, Marketplace Konstruksi Berkualitas

Setelah Anda menentukan pilihan jenis jendela yang sesuai dengan konsep rumah Anda, maka saatnya Anda membeli jendela, bukan? Untuk mendapatkan jendela yang berkualitas dengan berbagai model dan bahan, membeli jendela di UKUR adalah sebuah pilihan yang tepat.

Sebab UKUR menawarkan berbagai jendela dengan berbagai jenis dan model dari bahan yang berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau. Selengkapnya bisa Anda ketahui di https://www.ukur.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *