Manfaat Bermain Solitaire

Teman-teman, apakah kalian masih ingat dengan game jadul tentang permainan kartu yang populer pada tahun 90an?

Yes, solitaire adalah permainan kartu sederhana yang dapat dimainkan di Personal Computer di rumah. Sedangkan saat ini karena teknologi sudah sangat berkembang, permainan solitaire juga berkembang donk.

Kita dapat memainkan game ini secara online dengan bermacam-macam jenis permainan. Tidak hanya orang dewasa yang bisa memainkan karena anak-anak pun juga bisa ikut bermain.

Contents

Manfaat Bermain Solitaire

Lalu, apa sih  manfaat bermain game solitaire?

Bermain game solitaire, terutama dalam bentuk permainan kartu yang populer di komputer atau perangkat mobile, dapat memiliki beberapa manfaat bagi pemainnya. Berikut adalah beberapa manfaat bermain game solitaire:

Mengasah Kemampuan Berpikir Logis

Solitaire melibatkan pemecahan masalah dan perencanaan strategis. Pemain harus memikirkan setiap langkah dengan cermat dan merencanakan urutan yang optimal untuk mengklarifikasi kartu-kartu yang tersembunyi. Ini membantu mengasah kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah.

Melatih Konsentrasi

Bermain solitaire membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Pemain perlu fokus pada setiap kartu yang dibuka dan mempertimbangkan semua opsi yang tersedia. Ini membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus mental.

Meredakan Stres

Solitaire bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan. Ketika seseorang terlibat dalam permainan ini, mereka cenderung melupakan stres sejenak dan mengalihkan perhatian mereka ke tugas yang lebih sederhana. Ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan memberikan waktu istirahat dari tekanan sehari-hari.

Meningkatkan Kesabaran

Solitaire adalah permainan yang membutuhkan kesabaran tinggi. Pemain harus bersabar dalam melihat dan mencari peluang terbaik untuk memindahkan kartu-kartu. Bermain solitaire secara teratur dapat membantu melatih dan meningkatkan tingkat kesabaran seseorang.

Merangsang Otak

Solitaire melibatkan aktivitas berpikir yang kompleks, seperti perencanaan strategis, analisis situasi, dan pengambilan keputusan. Ini merangsang otak dan dapat membantu mempertahankan keterampilan kognitif serta melatih memori jangka pendek.

Meningkatkan Keterampilan Matematika

Solitaire melibatkan pemikiran matematis dalam memperkirakan peluang dan memilih langkah-langkah yang paling menguntungkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan pemahaman pemain tentang konsep-konsep matematika seperti probabilitas, urutan, dan pola.

Hiburan dan Rekreasi

Terlepas dari manfaat mental dan kognitifnya, solitaire juga bisa menjadi sumber hiburan yang sederhana. Ini adalah permainan yang dapat dimainkan sendiri tanpa memerlukan orang lain. Bermain solitaire dapat memberikan kesenangan dan rekreasi di saat luang atau saat ingin bersantai.

Meskipun terdapat manfaat dari bermain solitaire, seperti yang telah disebutkan di atas, penting juga untuk menjaga keseimbangan dalam bermain game dan menghindari kecanduan.

Mengenal Permainan Sejenis Solitaire yang Lain

Nah, saat ini permainan solitaire bukan yang kartu aja seperti puluhan tahun silam yang kita mainkan lewat PC. Di laman solitaire.org misalnya, ada banyak permainan yang bisa kita coba untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Ini dia permainan favorit kami ketika sedang berkumpul dan bisa kami mainkan bergantian di laptop.

Candy House

candy house

Permainan yang sering kami mainkan bersama di website solitaire.org adalah Candy House. Cara memainkannya juga cukup mudah.

Tukar 2 item untuk mencocokkan 3 atau lebih item yang sama di kolom vertikal atau baris horizontal. Gerakan yang valid mengharuskan kita menyelesaikan 3 set atau lebih. Buat kecocokan yang lebih lama untuk mendapatkan power up piece yang menghancurkan bidak lain di garis yang sama atau bidak lain dengan warna apa pun yang kita pilih. Masing-masing dari 50 level diberi batas waktu. Saat kita melanjutkan permainan, desain tata letak berubah dan beberapa bagian terkunci pada posisinya.

Berikut adalah trik untuk bertahan dalam permainan ini:

manfaat bermain solitaire

  • bagian yang terkunci: beberapa bagian terkunci pada posisinya. Kita dapat memecahkan kunci dengan mencocokkan potongan-potongan itu sebagai bagian dari set 3 atau membuat penghancur garis berangkat pada bidang yang sama.
  • hancurkan seluruh baris: ini diperoleh saat Anda membuat 4 baris.
    • bidak dengan tanda garis horizontal menghancurkan apa pun di garis horizontalnya saat dipindahkan untuk menyelesaikan set tiga lainnya (bahkan jika bidak berwarna berbeda membuat set 3)
    • bidak dengan tanda pagar vertikal beroperasi serupa dengan menghancurkan semua bidak pada garis vertikal tempatnya berada
  • hancurkan kolom & baris: ini diperoleh saat Anda menyelesaikan 3 berturut-turut secara melintang dan vertikal pada saat yang bersamaan. ketika potongan-potongan ini dipindahkan, mereka menghancurkan apa pun yang sejajar dengannya secara vertikal atau horizontal.
  • pelangi: Bagian ini diperoleh saat Anda membuat 5 berturut-turut. Anda dapat memindahkan bidak ini ke bidak lain yang berdekatan dan itu akan menghapus semua bidak dengan warna itu dari papan.
Untuk bermain Candy House kalian bisa langsung ke kesini.
Nah, itu dia manfaat bermain solitaire yang ternyata bukan hanya untuk bersenang-senang.
Semoga bermanfaat dan selamat bermain.

4 thoughts on “Manfaat Bermain Solitaire

  1. Huaaa.. ini games masa kecilku dulu. Bisa main solitaire atau sejenis candy house ini saja rasanya udah bahagia. Gak nyangka ternyata melatih otak untuk bisa berpikir kritis atau sat set sat set juga ya Mbak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *