Ingin Punya Asuransi Mobil? Ketahui, Tips, Jenis, dan Manfaatnya Dahulu!


Kendaraan pribadi dapat menunjang kegiatan sehari-hari. Bahkan, kini kendaraan sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Umumnya, untuk mencegah pengeluaran finansial tidak terduga, sebagian orang menggunakan asuransi mobil.

Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih pemilik kendaraan roda empat. Selain asuransi mobil All Risk atau comprehensive, ada asuransi Total Loss Only (TLO).

Buat Anda yang ingin memiliki asuransi Total Loss Only, sebaiknya ketahui terlebih dahulu keuntungan punya asuransi mobil TLO dalam artikel berikut ini.

Selain itu, salah satu proteksi kendaraan dari perusahaan asuransi terbaik adalah asuransi mobil All Risk ACA yang menawarkan banyak keuntungan bagi nasabahnya.

Lantas, apa manfaat menggunakan asuransi mobil? Yuk, simak penjelasannya berikut.

Apa Manfaat Menggunakan Asuransi Kendaraan?

Asuransi mobil atau kendaraan bertujuan untuk memberikan perlindungan yang menjamin kerugian, kerusakan, maupun kehilangan kendaraan pribadi oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Apabila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan, maka pihak asuransi sebagai penanggung akan mengganti kerugian yang dialami oleh pemilik kendaraan.

Sayangnya, masih banyak yang menganggap asuransi mobil bukanlah prioritas. Sebenarnya, tidak sepenuhnya salah karena setiap orang mempunyai prioritasnya masing-masing.

Hanya saja, kendaraan termasuk kebutuhan utama untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Apalagi, musibah tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi kapan saja maupun di mana saja.

Jika Anda menggunakan asuransi kendaraan, maka kerugian akibat kecelakaan maupun kehilangan dapat diminimalisir. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk memperbaiki kendaraan yang rusak.

Cukup mengajukan klaim kepada pihak asuransi saja. Dengan demikian, Anda mencegah terjadinya pembengkakan biaya tidak terduga.

Jenis Asuransi Mobil

Secara umum, terdapat dua jenis asuransi kendaraan, yaitu all risk dan Total Risk Only (TLO). Apa saja perbedaan dan keuntungannya? Berikut penjelasannya.

Asuransi All Risk

Sesuai dengan namanya, all risk menawarkan jaminan pertanggungjawaban kerugian secara menyeluruh, baik kerusakan akibat kecelakaan ringan maupun besar, hingga kehilangan kendaraan di luar kelalaian pemilik.

All risk juga menawarkan cakupan jaminan yang lebih luas, seperti kecelakaan akibat mobil tergelincir, rusak akibat lecet oleh kendaraan lain, bencana alam, dan sebagainya. Untuk kasus pencurian harus di luar kelalaian pemilik. Apabila terjadi akibat kecerobohan sendiri, maka tidak dapat diajukan klaim ganti rugi.

Selain itu, semua kerusakan akan ditanggung oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Menariknya lagi, para nasabah bisa memperluas jangkauan sesuai kebutuhan. Umumnya, asuransi jenis ini juga diperuntukkan bagi kendaraan yang harganya lebih dari Rp 30 juta ke atas.

Meski begitu, harga preminya memang cukup mahal karena sesuai dengan keuntungan yang didapatkan. Tak heran, jika all risk sangat cocok bagi nasabah yang ingin melindungi kendaraannya dengan maksimal.

Asuransi TLO (Total Risk Only)

Berbeda dengan all risk, TLO memberikan jaminan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75%. Artinya, bila kerusakan berada di bawah persentase, maka tidak dapat diajukan klaim. Anda harus menggunakan biaya pribadi untuk memperbaiki kendaraan yang rusak.

Namun, jaminan yang diberikan juga sama seperti all risk, yakni kerusakaan akibat kecelakaan, bencana alam, dan kehilangan di luar kecerobohan sendiri. Meskipun jaminannya memang tidak secara menyeluruh, tetapi TLO lebih banyak diminati karena harga preminya yang murah dan cocok untuk kelas menengah.

Ada banyak keuntungan punya asuransi mobil TLO, salah satunya Anda tetap bisa melindungi kendaraan pribadi sekalipun budget terbatas. Dengan begitu, kendaraan tetap aman dan tidak perlu khawatir finansial membengkak secara mendadak.

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Agar asuransi yang digunakan terpercaya dan tidak merugikan dikemudian hari, maka pilihlah perusahaan yang kredibilitasnya tinggi. Berikut ini adalah tips memilih asuransi mobil:

Menentukan Produk Sesuai Kebutuhan

Setelah melakukan survei, pilihlah produk yang sesuai kebutuhan. Hitungnya jumlah premi yang harus dibayar. Apabila memungkinkan, pilihlah yang harganya terjangkau dengan menyesuaikan pendapatan agar tidak meningkatkan biaya pengeluaran.

Perusahaan Asuransi Mempunyai Jaringan Rekanan yang Luas

Apabila Anda mengambil asuransi kendaraan, ada baiknya memastikan perusahaan asuransi mempunyai jaringan bengkel rekanan yang luas. Pilihlah perusahaan yang memberikan pelayanan berkualitas dan sudah mempunyai lisensi baik.

Dengan jaringan yang luas, memudahkan Anda mencari referensi bengkel saat hendak memperbaiki kendaraan.

Adanya Layanan Akses 24 Jam

Perusahaan besar yang profesional pasti mempunyai call center 24 jam. Hal ini memudahkan nasabah untuk menghubungi saat keadaan darurat ataupun hendak mencari informasi mengenai asuransi.

Ada pula perusahaan yang menawarkan layanan keselamatan di jalan raya, layanan derek gratis, dan masih banyak lagi.

Tanyakan informasi selengkapnya sebelum memilih perusahaan asuransi agar tidak mengalami kerugian akibat salah memilih perusahaan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.