Gaya Hidup Sehat untuk Para Penderita Diabetes

Gaya Hidup Sehat untuk Para Penderita Diabetes – Menerapkan gaya hidup sehat akan sangat membantu Anda dalam mengelola diabetes.Hal ini juga bisa meningkatkan angka kesehatan yang Anda miliki, termasuk berat badan, gula darah dalam tubuh, tekanan darah, dan juga kolesterol darah.

Mengelola Berat Badan

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang gaya hidup sehat untuk para penderita diabetes yang perlu Anda ketahui. Kelebihan berat badan atau obesitas membuat sulit untuk mengelola diabetes tipe 2. Ini juga meningkatkan risiko kolesterol darah tinggi dan tekanan darah tinggi serta faktor risiko penyakit kardiovaskular yang merupakan penyebab utama kematian bagi penderita diabetes.

Ada dua cara untuk membantu mengatur berat badan ialah dengan makan makanan yang sehat dan lebih aktif secara fisik. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda gunakan melalui metabolisme normal dan aktivitas fisik.

Makan Secara Sehat

Membuat pilihan makanan sehat, termasuk mengontrol ukuran porsi dan membaca label makanan, adalah kunci untuk menjaga berat badan yang tepat dan mencegah atau mengelola diabetes. Dengan pradiabetes atau diabetes, Anda memiliki masalah tambahan dengan makanan.

Misalnya, penting untuk membatasi karbohidrat sederhana yang ada dalam makanan seperti gula, kue, soda, permen, dan jeli. Mengkonsumsinya dapat meningkatkan glukosa darah. Dengan begitu banyak pilihan makanan pada saat ini, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang sehat.

Simpan Log Makanan dan Glukosa Darah

Dengan menuliskan apa yang Anda makan, kapan Anda makan dan bagaimana hal itu memengaruhi kadar glukosa Anda, Anda dapat melacak bagaimana makanan memengaruhi tubuh Anda. Periksa gula darah Anda 1 jam hingga 1,5 jam setelah makan untuk melihat reaksi tubuh Anda.

Aktivitas Fisik Secara Teratur

Menjadi aktif secara fisik setidaknya selama 30 menit sehari pada sebagian besar hari dalam seminggu dan kehilangan 5% hingga 10% dari berat badan Anda (sekitar 10 hingga 20 pon untuk orang dengan berat 200 pon) dapat secara signifikan menurunkan risiko terkena diabetes. Dan risiko Anda terus menurun saat Anda kehilangan lebih banyak berat badan.

Seperti apa Gaya Hidup Sehat untuk Para Penderita Diabetes?

Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, aktivitas fisik dan pengelolaan berat badan dapat membantu mengendalikan penyakit dan meminimalkan konsekuensi kesehatan yang negatif. Untuk kesehatan yang lebih baik, orang dewasa yang sehat membutuhkan setidaknya membutuhkan waktu sekitar 150 menit per minggu dengan melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang.

Ataupun 75 menit per minggu aktivitas aerobik intensitas kuat. Misalnya, Anda dapat memenuhi rekomendasi tersebut  dengan berjalan cepat 30 menit dua kali dalam seminggu dan kemudian jogging 20 menit pada dua hari lainnya. Aktivitas aerobik intensitas sedang umumnya setara dengan jalan cepat yang meningkatkan detak jantung Anda. Aspek penting lainnya dari gaya hidup sehat adalah:

Berhenti Merokok

Merokok adalah penyebab paling utama kematian yang bisa dihindari oleh penderita diabetes. Ini juga merupakan penyebab paling penting yang dapat dimodifikasi dari kematian dini. Apa yang harus diketahui oleh penderita diabetes tentang merokok? Bahkan bagi orang yang tidak menderita diabetes, merokok memiliki implikasi kesehatan yang serius. Merokok dapat menyebabkan:

  • Menurunkan kolesterol baik.
  • Meningkatkan tekanan darah untuk sementara.
  • Meningkatkan pembekuan darah.
  • Membuatnya lebih sulit untuk berolahraga.

Perokok 30% sampai 40% lebih mungkin dibandingkan bukan perokok untuk mengembangkan diabetes. Jika Anda menderita diabetes, merokok bahkan lebih buruk karena Anda:

  • Lebih mungkin untuk mendapatkan kerusakan saraf dan penyakit ginjal.
  • Tiga kali lebih mungkin daripada bukan perokok untuk meninggal sebelum waktunya karena penyakit jantung atau stroke.
  • Lebih mungkin untuk meningkatkan kadar gula darah Anda – membuatnya lebih sulit untuk mengontrol diabetes Anda.

Mengelola Stres

Stres yang bisa mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda:

  • Dampak kesejahteraan emosional.
  • Menyebabkan berbagai sakit dan nyeri, dari sakit kepala hingga sakit perut.
  • Mengurangi tingkat energi.
  • Mengganggu tidur.
  • Memicu berbagai respons tidak sehat, antara lain makan berlebihan, terlalu banyak minum alkohol, merokok, menunda-nunda, dan kurang tidur. Itulah ulasan tentang Gaya Hidup Sehat untuk para penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

About the author: admincaribaca

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.