Ratu Pawon: Bagaimana Menjadi Manajer yang Hebat di Dapur?

Menjadi Ibu Rumah Tangga (IRT) bukanlah pekerjaan sepele. Bukan hanya memiliki pekerjaan yang bahkan 24 jam sehari pun tak akan pernah cukup. Akan tetapi juga banyak yang harus dipikirkan mulai dari kasur hingga dapur. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang, tidak sedikit IRT yang stress karena anak di rumah terus dan pengeluaran membengkak.

Lalu, hadirlah buku ini …

Ratu Pawon: Manajemen Lengkap Mengurus Dapur adalah bacaan yang tepat di tengah pandemi. Berisi tentang manajemen keuangan keluarga mulai dari pemasukan hingga pengelolaan kebutuhan lainnya.

Ditulis ringan berdasarkan pengalaman penulis, Krisdiana, yang merasakan manfaat setelah konsisten mengatur dan mengelola dapur dan keuangan dengan baik. Oiya, sebelumnya penulis juga mengadakan kelas pawon loh.

Ratu Pawon: Manajemen Lengkap Mengurus Dapur

Nama Penulis: Krisdiana

Tahun Terbit: 2020

Penerbit: Pena Nusantara

Jumlah halaman: 196

Harga Buku: Rp.45000

Nomor ISBN: 978-602-1277-76-8

Blurb:

Di zaman modern ini kegiatan ibu rumah tangga menjadi sangat padat. Sehingga pengelolaan dapur yang merupakan salah satu pondasi rumah tangga sering terabaikan. Dengan keterbatasan waktu yang dimiliki seringkali kita memilih cara yang capat dan instan. Sayangnya, gizi dan kondisi keuangan keluarga kadang terlupakan. Sehingga hal tersebut menjadi pemicu masalah yang kita hadapi dari waktu ke waktu.

Buku Ratu Pawon berisi tentang bagaimana cara menyusun rencana keuangan keluarga. Mulai dari pemasukan, tabungan, pengeluaran, dan tetek bengek dunia keuangan rumah lainnya. Lalu, dibahas pula bagaimana cara mengelola kebutuhan keluarga antara motivasi dan keinginan sampai bagaimana cara membuat catatan khusus dapur.

Seperti judulnya, Ratu Pawon, buku ini seperti petunjuk praktis untuk ibu-ibu agar bisa menjadi ratu pawon alias penguasa dapur. Buat Anda yang belum tahu artinya pawon, dalam bahasa Jawa yaitu dapur.

Nah, jika Anda ingin menaklukkan dapur maka bacalah Ratu Pawon, buku manajemen dapur yang akan memberikan arahan yang tepat sasaran karena bisa sekalian praktik. Iya, di halaman akhir nanti akan ada lembar praktik mulai dari Rencana Keuangan Keluarga (RKK) hingga merencanakan menu harian. Seru banget kaaaan?

Solusi Istri yang Selalu Boros

Istri adalah manajer keuangan keluarga, begitu anggapan beberapa orang karena ibu rumah tangga bertugas mengatur keluar masuk uang. Nah, bagaimana jika istri selalu boros, yaitu menghabiskan lebih banyak uang diluar kemampuan dan kebutuhan?

Ya belajarlah mengatur keuangan dan perdapuran dengan baik dan benar. Belajar bisa melalui banyak cara, bisa dengan mambaca buku, artikel, atau mendaftar kelas secara daring atau luring.

Tapi, metode sebagus apapun tidak akan ada hasilnya jika tidak dilakukan dengan konsisten. Jadi, membaca buku Ratu Pawon adalah pilihan yang pas karena bisa langsung mempraktikkan materi-materinya.

Kalau Anda merasa menjadi istri yang boros cobalah untuk menyusun rencana keuangan seperti yang disampaikan Krisdiana dalam buku ini. Menyusun rencana keuangan sangat penting untuk memudahkan Anda melakukan evaluasi setiap bulan.

Metodenya pun sangat sederhana karena hanya dua langkah yaitu mengumpulkan semua pemasukan sebulan sekali dan mengalokasikan kebutuhan sebulan sekali. Lebih rinci lagi buku ini akan mengajarkan kepada Anda mengelola pemasukan dan pengeluaran,  tabungan, cicilan, dan kebutuhan keluarga lainnya.

Keuangan Aman Bebas Boncos

Setelah keuangan Anda aman, pengelolaan kebutuhan keluarga pun dapat dikelola dengan baik pula. Buku Ratu Pawon juga mengajarkan cara menghemat bujet bulanan agar tidak bengkak.

Mulai dari membuat rencana menu harian, daftar belanja, dan food preparation.

Merencanakan menu harian akan menghindarkan Anda dari menumpuk dan membuang bahan makanan. Setelah menentukan menu dilanjutkan dengan menyusun daftar belanja sehingga tidak akan terjadi belanja karena lapar mata. Iya, Anda akan membeli barang sesuai daftar dengan bujet yang telah disiapkan.

Langkah selanjutnya adalah melakukan food preparation, yaitu menyiapkan dan menyimpan bahan makanan untuk beberapa hari. Nantinya, bahan masakan yang kita simpan dapat dimasak sesuai menu harian yang telah disusun.

Buku Ratu Pawon juga membahas food preparation dan manajemen masakan secara lengkap loh. Tidak hanya cara menyimpan sayuran tapi juga ikan dan bahan masakan lainnya. Sangat praktis dan efisien karena hanya perlu sekali atau dua kali dalam seminggu untuk ke pasar.

Apalagi buku ini juga disusun berdasarkan pengalaman penulis. Sangat praktis dan aplikatif karena setiap orang pasti bisa mempraktikkannya. Hanya saja, untuk menyusun rencana keuangan lebih udah dilakukan oleh ibu-ibu yang memiliki gaji bulanan. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda yang memiliki gaji harian untuk mempraktikkan materi dalam buku ini.

Penutup

Dapur bukanlah tempat memasak saja, jika Anda seorang istri dapat mengelolanya dengan baik manfaatnya juga kembali kepada keluarga. Seperti menghemat pengeluaran dan perbaikan gizi keluarga.

Oleh karenanya, penting sekali ibu-ibu rumah tangga membaca buku Ratu Pawon dan mempraktikkannya agar menjadi ratu pawon yang bijak dan andal untuk kesejahteraan, kenyamanan, dan keamanan rumah tangga.

About the author: admincaribaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *